CDC-UNS Sukses Menyelenggarakan Pre Job Training UNS di tahun 2017



Pre Job Training merupakan salah satu program dari Career Development Center UNS yang rutin diadakan 6 kali dalam setahun guna membekali calon wisudawan dan alumni UNS agar siap menghadapi dunia kerja. Pada 9 Desember 2017, telah terlaksana Pre Job Training ke enam untuk periode 2017 di Auditorium UNS dengan tema “Sukses Menembus Dunia Kerja”. Kegiatan dibuka oleh Kepala Biro Bidang Kemahasiswaan Alumni UNS, bapak Drs. Rohman MM dilanjutkan sambutan oleh ketua panitia, bapak Agung Wibowo S.P., M.Si.

Kegiatan diawali dengan pelaksanaan tes potensi diri yang dipandu oleh psikolog Universitas Sebelas Maret, ibu Dra. Machmuroh, M.Si. Tujuan dari tes potensi diri adalah supaya calon wisudawan UNS siap menghadapi salah satu tahapan seleksi perusahaan yaitu psikotes.

Materi berikutnya adalah tips dalam mempersiapkan diri untuk melamar pekerjaan dan wawancara kerja. Materi disampaikan oleh ibu Lingga Tri Handayani, S.Psi. selaku Manager Talent and Performance Management PT. Kalbe Farma. Melalui materi ini, diharapkan calon wisudawan mampu mempersiapkan berkas untuk lamaran kerja dengan baik. Selain itu, diharapkan pula calon wisudawan mampu mempersiapkan diri baik berkas maupun penampilan dalam menghadapi wawancara kerja.

Pemateri terakhir adalah bapak Gilang I. Natapraja selaku HR Business Partner PT. Pertamina (Persero). Pada materi ini disampaikan mengenai bagaimana cara motivasi diri, bekerja dalam tim, dan peningkatkan wawasan, guna menghadapi dunia kerja yang sesungguhnya. Melalui materi ini, diharapkan calon wisudawan lebih siap secara mental dalam menghadapi seleksi perusahaan dan siap menjalani dunia kerja.

Oleh. Risda